5 Kesalahan Sepele Pebisnis Dalam Perencanaan Bisnis

Hal ini harus dipikirkan secara matang-matang karena sebuah bisnis harus menyuguhkan kelebihan sebuah produk atau jasa agar calon konsumen berminat untuk membelinya. Dalam sebuah rencana bisnis juga sama, biasanya tercantum rencana jangka pendek, menengah, dan panjang, lengkap dengan strategi untuk mencapainya. Hal ini berguna untuk memproyeksikan arah tujuan atau gol bisnis ke depannya.

Membuat suatu rencana bisnis

Pastikan apa yang Anda buat memiliki dampak dalam hidup mereka dan bisa diterapkan, serta sejalan dengan visi dan misi klien yang Anda tuju. Beberapa dokumen keuangan yang dibutuhkan untuk menyusun faktor pembiayaan, antara lain laporan keuangan perencanaan, laporan arus kas perencanaan, laporan Neraca perencanaan, dan analisis pengembalian modal. Dalam membuat perencanaan bisnis, langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan latar belakang. Hal ini diperlukan untuk menentukan bagian-bagian yang paling relevan dalam menjalankan bisnis tertentu. Meliputi pegawai, pemodal, jaringan, struktur organisasi, sumber bahan, atau lain sebagainya. Ketika menyiapkan marketing strategy, secara tidak langsung kamu sedang membuat proyeksi perkembangan bisnis yang kamu rintis di masa depan.

Konsultanku bermitra dengan berbagai praktisi profesional berkualitas dengan beragam keahlian. Urusan pajak, keuangan, akuntansi, manajemen SDM dan bahkan hukum bisnis jadi lebih praktis sekarang. Orang yang berjalan tanpa memiliki tujuan jelas hanya akan mendapatkan rasa lelah saja begitu juga dengan perusahaan. Termasuk apakah nantinya Anda akan menggandeng investor tertentu untuk menjalankan usaha tersebut. Kamu bisa jabarkan mulai dari sejarah, pihak yang terlibat, kondisi keuangan, rencana pengembangan usaha, produk, serta penjelasan mengenai usaha kamu. Hal yang sering diabaikan saat melakukan perencanaan bisnis adalah pembukuan, padahal pada kenyataannya proses pembukuan adalah hal yang harus ada saat bisnis Anda mulai dibangun.

CPM tidak memperhitungkan variasi waktu penyelesaian, sehingga hanya satu perkiraan yang akan digunakan untuk memperkirakan waktu setiap kegiatan. Beberapa kegiatan akan dapat dimulai dengan sangat tergantung pada penyelesaian kegiatan lain. Relasi antar kegiatan ini harus diidentifikasi dan digambarkan secara berurutan dalam bentuk titik dan busur. Dari rincian kegiatan yang harus dilakukan dalam sebuah proyek, tambahkan informasi durasi dan identifikasikan prasyarat kegiatan sebelumnya yang harus terselesaikan terlebih dahulu.

Hampir sama dengan poin sebelumnya, rencana bisnis yang jelas dan tersusun dengan baik akan membantu kita untuk mendapatkan dana atau tambahan modal dari para investor yang ingin menanamkan modal mereka pada bisnis kita. Bukan hanya itu, ini juga akan memudahkan para donatur untuk memberikan bantuan modal pada bisnis kita. Sehingga, kita bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih luas dan lebih mapan. Jika rencana bisnis sudah menguji kelayakan ide bisnis kita, maka rencana bisnis akan memperluas peranannya untuk mempermudah kita dalam membuat perencanaan bisnis yang mudah dikelola dan efektif. Faktanya, rencana bisnis bukan hanya diperlukan untuk bisnis yang baru ingin berkembang, namun rencana bisnis juga tetap diperlukan bagi bisnis-bisnis yang sudah lama berdiri, kokoh dan mapan.