Cara Usaha Bengkel Motor

Semua peralatan itu bisa Anda lengkapi seiring berjalannya waktu sedikit demi sedikit. Tentunya Anda memiliki beberapa rencana dan ingin memaksimalkan pengembangan usaha lebih baik, dan akan membutuhkan mekanik tambahan untuk membantu servis kendaraan. Proses perekrutan harus dimulai setidaknya sebulan sebelum pembukaan usaha Anda, ini akan memberikan cukup waktu untuk memeriksa referensi, menemukan kandidat terbaik, dan negoisasi gaji. Sebelum Anda menghabiskan uang untuk membuka bengkel Anda, Anda perlu mengetahui complete biaya yang diproyeksikan untuk membangun dan mengoperasikan bengkel Anda. Jika tidak, Anda mungkin kehabisan dana sebelum mendapatkan pelanggan pertama Anda.

Menurutnya, dengan peluncuran aplikasi para mantan mekanik motor dapat menampung keterampilan roda dua atau bahkan bisa menambah penghasilan mekanik di luar pekerjaan tetap mereka sebagai mekanik motor. Daniel menyebut, pertama adalah berlaku jujur terhadap pelanggan, kedua adalah memperlakukan motor pelanggan seperti milik sendiri, dan ketiga adalah merasa senang saat motor tersebut berhasil diperbaiki. Tak hanya mengurus kebun sawit keluarga, Bambang juga memiliki kebun sawit sendiri seluas 4 hektar dan juga bermitra dengan Asian Agri. Bambang juga mempekerjakan 4 orang warga sekitar untuk mengurus kebun sawitnya. Berbicara mengenai omzet, Bambang mengaku omzet bengkelnya mencapai Rp 10 juta per bulan. Dari keuntungan tersebut, Bambang dapat menyekolahkan kedua anaknya hingga ke perguruan tinggi.

Usaha bengkel

Capaian angka tersebut dipastikan terus mengalami peningkatan hingga 12 persen setiap tahunnya. Selama bekerja saya tabung uangnya memang sengaja untuk modal usaha. Setiap gajihan saya kirim uang ke orangtua di kampung,” kenang Ma’sum. Akan tetapi tidak jarang pula bengkel bubut yang merangkap menjadi bengkel las, makanya dinamakan bengkel las bubut. Ketika memutuskan penggabungan seperti ini, maka manajemen didalamnya harus memisahkan departemen.

Kedua, memberikan kesempatan/peluang kerja sama usaha dalam bidang pasokan suku cadang, permodalan dan pemasaran. Seperti yang sempat saya singgung sebelumnya diatas, bahwa lokasi yang belum terlalu ketat persaingannya adalah kawasan dipinggiran kota. Jika Anda mau buka usaha bengkel, maka carilah lokasi dipinggiran kota yang sedang berkembang pesat dan banyak pembangunan disana. Lokasi seperti ini bagaikan magnet, yang akan mampu menarik orang-orang dari kota untuk datang dan berdomisili disana.

Jaringan bengkel supplier memiliki fungsi untuk jual dan beli kendaraan bermotor. Jaringan bengkel supplier ini memiliki hak resmi untuk menjual sepeda motor rilisan produsen tersebut. Misalnya untuk bengkel supplier resmi Honda, berhak untuk melakukan jual beli kendaraan sepeda motor produksi Astra Honda Motor . Meski bengkel motor resmi memiliki sistem yang nyaris sama dengan waralaba, namun terdapat perbedaan mencolok antara keduanya. “Saya biasa layani perbaikan dan servis motor, juga terkadang melayani modifikasi motor. Untuk sementara saya hanya dibantu anak saya, belum ada karyawan karena usaha ini baru kami bangun kembali” ucap Abdul Salam saat ditemui di bengkel miliknya.

Kedua, bengkel mobil umum yang tak resmi yang mampu melayani berbagai perbaikan mobil dari segala merek. Selain lokasi di pinggir jalan raya utama, lokasi di dekat landmark kota tempat tinggal Anda juga bisa dijadikan pilihan. Misal dekat tugu, jembatan, masjid, atau lodge yang terkenal, sehingga mudah memberikan gambaran ketika ada yang bertanya tempat bengkel Anda berada.