Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Usia Dini

Inilah yang akan membantu kamu lebih mandiri dalam finansial dan tidak bergantung lagi pada orang lain. Menabung dan investasi sebenarnya hampir mirip, tapi pertumbuhan uang dibarengi dengan kegiatan ini jauh lebih cepat. Tentu mendapatkan hasil cenderung lebih cepat sangat membantu dan meningkatkan kekayaan sesuai keinginan. Melakukan proses investasi sendiri juga banyak media dimana bisa dipilih dibantu dengan jalannya proses menabung sekaligus. Hal ini bertujuan agar di masa dewasanya kelak, mereka menjadi sosok yang mandiri dan tidak merepotkan banyak orang.

Pentingnya menabung

Kamu bisa mencoba menabung dengan risiko yang rendah seperti menabung emas. Penting untuk memiliki tabungan sejak dini karena ini bisa menjadi pemasukan lebih untuk kamu. Tentunya ini kesempatan yang baik untuk menambahkan uang yang kamu miliki, sehingga akan semakin banyak keuntungan yang kamu dapatkan kedepannya karena waktu menabung lebih panjang. Menabung menjadi suatu cara terbaik untuk membuat kondisi finansial lebih baik di masa depan.

Bila sudah membiasakan diri berinvestasi sejak muda, maka saat sudah tidak produktif lagi kamu tetap punya pendapatan dari hasil berinvestasi. Keuntungan investasi sejak muda bisa dirasakan saat kamu sudah tua nanti. Disampaikan juga, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Percepatan Akses Keuangan Daerah di Kabupaten Pekalongan guna meningkatkan inklusi keuangan bagi para siswa/pelajar di 84 sekolah SMP dan 35 MTs. Melalui program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang bebas biaya administrasi di berbagai bank pemerintah dan swasta, Bupati Asip berharap para pelajar di wilayahnya jadi tertarik untuk menabung.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, tradisi menabung yang sudah diterapkan sejak kecil seakan hilang ditelan bumi. Bahkan, tak sedikit orang yang selalu gagal menabung dengan alasan tingginya kebutuhan hidup. Untuk sebagian orang di Indonesia, ideas menabung dengan menggunakan metode Kakebo terbilang masih asing.

Yang paling penting adalah bagaimana membuat lahan hijau dengan sampah daun-dedaunan yang mampu menyerap air bagaikan spon busa. Dengan demikian air hujan yang jatuh dapat ditahan oleh spon sampah hutan yang busuk agar perlahan-lahan airnya dapat diserap oleh tanah. Jika air hujan banyak yg tertahan di lahan terbuka hijau, maka banjir pun tidak akan terjadi. Degan demikian warga masyarakat yang terbiasa terkena bencana banjir bisa ikut mendapat manfaatnya. Membuat Sumur Resapan, jika di setiap bangunan diwajibkan utk membuat sumur resapan air utk menampung air hujan agar kembali menjadi air bersih di bawah permukaan tanah bisa terjadi dlm skala besar.

Secara tidak langsung, menabung meningkatkan kemampuanmu mengatur keuangan dengan bijak. Tidak hanya itu, menabung juga mengajarkan kita untuk tidak membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyimpan uang agar bisa digunakan untuk kebutuhan hari tua nanti. Jenis investasi ini dapat Anda lakukan dengan cara menyimpan sejumlah uang di financial institution yang nantinya dapat Anda pergunakan dikemudian hari jika diperlukan. Jenis investasi tabungan ini dapat mempermudah Anda karena dapat diambil kapan pun Anda perlukan, tidak memiliki risiko dan memiliki transaksi yang mudah. Akan tetapi, jenis investasi ini memiliki kelemahan dimana uang yang disimpan dapat mudah berkurang karena dapat diambil kapan saja dengan mudah serta kecilnya bunga tabungan. Jadi jika Anda memilih jenis investasi ini, pastikan Anda tidak mudah untuk mengambil uang dan menabunglah secara teratur.

Misalnya dengan cara melakukan kerja sampingan atau mulai membuka usaha. Namun, biasanya semakin bertambahnya penghasilan, maka keinginan untuk menghabiskannya juga akan menjadi lebih besar. Kamu harus tetap menjaga komitmen untuk menyisihkan uang sebagai dana pensiun. Dengan menabung kamu sudah belajar untuk lebih bijak mengatur keuangan yang kamu miliki.