Miris, Pengangguran Di Indonesia Paling Banyak Dari Usia Muda

Memang tidak semua orang yang kita temui dalam hidup selalu punya pengaruh baik. Terkadang kita menemui orang yang memiliki kebiasaan atau pengaruh negatif. Setidaknya ini akan memberi semoatan bagi kita untuk mempelajari hal baru dalam hidup. Pengetahuanmu akan bertambah, siapa tau bisa menjadi bekal sukses di masa depan. Selain itu, kamu bisa mendapat koneksi dari berteman dan terhubung dengan orang-orang di lembaga pendidikan.

Bekerja di usia muda

Tapi kenyataannya, Anindya justru sudah pintar mencari uang sejak kecil. Mesin fotokopi yang berada di kantor ayahnya tidak dibiarkan sia-sia. Dari mesin fotokopi itu pula, ia menggandakan aneka gambar untuk dijadikan sampul buku. Ia berpikir untuk menjual karyanya itu pada teman-teman sekolahnya. Anindya kecil bahkan sudah terlatih berpikir kreatif dan melatih jiwa wirausahanya.

Menjadi anak pertama dan perempuan satu-satunya, memiliki tanggung jawab besar untuk membantu perekonomian keluarga. Dengan nilai yang bagus tidak membuatnya langsung melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tetapi, memilih untuk bekerja dan mulai hidup mandiri. Ia berpendapat, usia muda yang memiliki mobilitas tinggi tak rentan kena virus corona. Sebagai informasi, angka kematian akibat virus corona dari kelompok usia di bawah forty five tahun berkisar 15 persen.

Saat peluang kecil kamu harus mencari dan membuat peluang yang baru. Berpikir proaktif akan memberi kamu kendali penuh pada aksi untuk mencapai kesuksesan. Pendiri Traveloka ini pernah berkarya sebagai software program engineer di Microsoft, Seattle, Amerika Serikat. Sebelumnya, ia merasa bosan dengan pekerjaannya, lalu ia terbang ke Cina untuk mencari ide baru dan hasil idenya ternyata mengarah di bidang industri travel dan penerbangan. Setelah itu, ia melanjutkan kuliah mengambil S2 di Harvard University jurusan Bisnis. Dari situ, ia mulai tertarik membangun Startup di bidang mesin pencari tiket pesawat, menilik pengalamannya dalam memesan tiket Amerika – Indonesia yang sangat sulit didapatkan.

Namun, jika kamu saat ini belum diberikan kesuksesan dan masih berjuang. Kuncinya, kamu harus rajin dan terus berusaha untuk menggapai apa yang kamu inginkan. Untuk kamu yang masih muda, bekerja keras sejak usia muda dapat memberimu keuntungan tersendiri.

Meski begitu, bagi anak muda atau kalangan pelajar gaji tersebut terbilang cukup. Hal ini disebabkan kebutuhan mereka yang belum begitu besar. Mahasiswa misalnya hanya membutuhkan biaya tambahan untuk membayar sewa kost atau sesekali hang out bersama kawan-kawan. “Sampai aku ke Indonesia, umur 22, aku biasa kerja sampai 24 jam seminggu. Juga buat financing sekolah sama biaya hidup sendiri. Orang tua di Belanda tidak bayar semua,” ungkap Tess. Dalam hal ini, peran security supervisor atau supervisor K3 sangat penting untuk meningkatkan kesadaran pentingnya K3 dan mengurangi kemungkinan kecelakaan kerja pada pekerja usia muda.

Meskipun gagal, jangan pernah menyerah dan teruslah mencoba terus menerus. Jika selama ini hanya bermain-main saja, maka kamu akan menemukan dunia yang berbeda ketika berkarier. Pada kesempatan tersebut kamu akan melihat dunia yang sesungguhnya, di mana kamu harus bekerja dan menghasilkan sesuatu untuk hidupmu. Hidup tentu tidak mulus-mulus saja, sebab kamu akan menemukan berbagai masalah juga ada di dalamnya. Dengan berkarier sejak remaja, maka kamu akan memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola dan mengatasi berbagai masalah di dalam kehidupanmu kelak.

Apa pun tujuannya, pastikan tujuan tersebut terukur, jelas, spesifik, dan possible. Apa pun tujuan bisnis kamu, usahakan untuk melakukan pengelolaan bisnis yang tepat. Pada usia 16 tahun, Ed pindah ke London namun tak punya uang untuk menyewa tempat tinggal.