Pengertian Perencanaan, Tujuan Perencanaan, Prinsip Perencanaan, Filosofi Perencanaan Program

Salah satu tugas HRD yang paling penting adalah membuat perencanaan pengembangan kinerja karyawan agar menciptakan kualitas sumber daya manusia yang unggul. Jika perencanaan pengembangan kinerja karyawan berjalan terhambat atau kurang bagus, dapat dipastikan bahwa kinerja karyawannya pun akan tersendat dan mempengaruhi kondisi perusahaan. Rencana strategis untuk bisnis umumnya akan mencakup pernyataan tentang visi, misi, tujuan perusahaan, sasaran konsumen, serta rencana tindakan untuk mencapainya. Setelah berhasil mengidentifikasi posisi strategis dan memiliki serangkaian tujuan yang sejalan dengan misi perusahaan, tahapan selanjutnya adalah merumuskan rencana strategis.

Dalam hal ini, knowledge perusahaan berisikan nama perusahaan, alamat, nomor telepon, bidang usaha, bentuk badan usaha, waktu kapan perusahaan mulai berdiri serta susunan kepengurusan. Selain itu, berguna juga untuk menarik beberapa orang yang ingin bekerja sama. Melvin Mumpuni S.T., M.B.A., CFP, QWP adalah seorang perencana keuangan independen dan technopreneur. Memiliki pengalaman di bidang private finance, company finance, internet marketing dan technopreneurship.

Selain itu, rencana bisnis juga diperlukan untuk para pebisnis agar bisa mendapatkan bantuan atau suntikan modal dari para investor. Kamu juga perlu menganalisis pemasaran dan distribusi produk jasa kamu dalam rencana bisnis. Target pasar yang dibidik, tren pasar yang sedang berkembang, termasuk strategi pemasaran yang akan diterapkan untuk mencapai target penjualan. Proses maupun strategi distribusi pun harus dicantumkan di rencana bisnis sehingga produk atau jasa kamu dapat dinikmati konsumen. Pengertian perencanaan bisnis ini merupakan pernyataan tertulis yang dapat atau bisa menggambarkan bisnis, produk atau layanan tersebut di masa depan.

Pentingnya rencana, dan rancangan usaha

Ia sangat berpengaruh terhadap unsur-unsur manejemen lainya, seperti merealisasikan perencanaan dan pengawasan agar bisa mewujudkan tujuan yang direncanakan. Penjabaran dari perencanaan dan pengendalian operasi perusahaan, diwujudkan dalam suatu bentuk atau format laporan, yang dikenal dengan Anggaran . Langkah pertama dalam menyusun perencanaan, adalah menentukan harapan atau tujuan yang ingin dicapai. Setelah itu, disusun tentang langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkan harapan tersebut.

Dengan menentukan tujuan organisasi melalui perencanaan semua orang yang bekerja dalam organisasi dan semua departemen diinformasikan tentang ‘kapan’, ‘apa’ dan ‘bagaimana’ melakukan sesuatu. Di bawahnya, berbagai alternatif ditemukan dan alternatif terbaik dipilih. Dengan tidak adanya perencanaan, semua kegiatan bisnis organisasi akan menjadi tidak berarti.

Rencana bisnis ini biasanya akan dibuat oleh seorang pebisnis pada proses awal bisnis di mulai. Atau pun juga dapat atau bisa dibuat pada saat bisnis sudah berjalan yang memiliki tujuan untuk mengubah arah strategi. Pengertian perencanaan bisnis tersebut juga dapat atau bisa di definisikan ialah sebagai dokumen yang merangkum tujuan operasional serta keuangan bisnis. Bussness plan adalah suatu pernyataan tertulis mengenai perencanaan bisnis sebagai pedoman awal dalam memulai usaha sehingga usaha tersebut berjalan sesuai dengan harapan. Bussiness plan juga bisa dikatakan sebagai rencana bisnis untuk memprediksi peluang masa yang akan datang dan sebagai alat untuk mencari modal .