Pensiun Di Usia Muda, Kenapa Tidak? Ini Trik Cerdas Agar Bisa Bahagia Meski Sudah Tak Lagi Bekerja!

“Kita bisa merasakan kekuatan generasi muda dengan melihat konten yang dibuat oleh finalis Daewoong Social Impactor membuat gelombang sosial. Saya mengucapkan terima kasih kepada Daewoong Indonesia yang telah memberikan kesempatan untuk mendukung kegiatan peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan akan mendukung langkah perusahaan ke depan,” ujarnya. Melalui kerja sama dengan Daewoong ini, Dr. Tito berharap mahasiswa UI dapat menyampaikan pemikiran terutama yang berkaitan denganSustainable Development Goals sesuai dengan era pandemi sekarang. Apalagi dengan fakta orang muda yang lebih cenderung menganggur atau dalam konteks di Indonesia cenderung menjadi pekerja outsourching, membuat mereka rentan terhadap pengaturan kerja bahkan hingga PHK . Kondisi inilah yang membuat mayoritas pekerja muda tidak memiliki perlindungan sosial yang layak atau tidak memadai. Pada saat yang bersamaan, orang-orang muda sebenarnya mampu merespons atas kondisi krisis yang mereka hadapi.

Bekerja di usia muda

Di lain sisi, kebanyakan orang pintar malas untuk bekerja keras dan sok cerdas. Ada juga yang sudah memiliki keahlian membuat sesuatu sejak kecil. Bahkan bisa mulai menghasilkan uang sendiri dari berjualan kue sejak kecil. Saat sudah cukup umur, usaha ini bisa terus dikembangkan menjadi bisnis yang besar. Menghasilkan uang sejak muda bisa menambah pengalaman kita.

Berbagai usaha harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan. Sukses pada usia yang masih muda sangat penting, salah satu indikatornya adalah dengan melihat jumlah penghasilan. Seseorang tidak hanya memerlukan penghasilan besar pada saat masih muda untuk menjadi orang sukses. Hal yang dibutuhkan adalah bisa mengatur keuangan dengan baik. Untuk memulai sebuah bisnis di usia muda tentunya Anda harus memiliki sebuah pengetahuan tentang bisnis yang ingin Anda jalankan.

Pasalnya, bayar utang ketika penghasilan sudah berkurang atau tidak ada sama sekali akan sangat menyakitkan. Gunakan stiker atau poster K3 pada peralatan kerja untuk memperingatkan pekerja muda agar mereka tidak menggunakannya tanpa pelatihan dan pengawasan. Luangkan waktu lebih banyak untuk menjelaskan pekerjaan, memberikan pelatihan, dan mengawasi pekerja muda dan/atau baru. Pelatihan K3 untuk pekerja muda perlu dilakukan beberapa kali untuk meningkatkan kesadaran mereka dan selalu memprioritaskan K3 dalam setiap pekerjaannya.

Pemerintah mengeluarkan ketetapan yang memungkinkan pekerja untuk pensiun dini dengan menawarkan uang insentif. Alasannya adalah untuk memberikan peluang kerja bagi kaum muda. Sejak 2005 Herman melakukan reformasi penting dan melaksanakan sejumlah besar rekomendasi OECD agar pekerja senior dapat bekerja lebih lama. Tidak hanya alasan keuangan yang mendorong mereka, tetapi juga karena ingin lebih lama terlibat dalam kehidupan sosial.

Bila diberikan tugas tambahan, seorang workaholic akan menerimanya karena merasa nggak enak, dan sungkan untuk menolak. Badan Pusat Statistik mencatat terdapat 29,12 juta penduduk usia kerja yang terdampak Covid-19. Usia 25 hingga 29 tahun merupakan usia yang paling terdampak, yaitu 81,67% mengalami pengurangan jam kerja, seventy nine,76% sementara tidak bekerja, 68,08% bukan angkatan kerja, dan 63,07% menganggur. [newline]Membiarkan gaji ludes untuk belanja barang yang kita inginkan bukanlah hal yang tepat buat dibiarkan begitu aja.

Lembur semalaman tidak akan terasa mudah untuk dijalani karena memikirkan keluarga kecilmu di rumah. Jika tidak, artinya kamu butuh penghasilan tambahan lainnya yang dapat memenuhi kekurangan kebutuhan. Cobalah cari penghasilan tambahan dengan mencoba membangun bisnis kecil-kecilan yang tidak mengganggu pekerjaan utama kamu, misalnya saja dengan berjualan on-line, makanan ringan dan sebagainya. [newline]Investasi itu tidak mudah loh, terkadang harus ada kegagalan yang kamu alami dalam melakukannya. Dan masa 20an ini adalah masa yang tepat untuk mengalami kegagalan dan mencoba lagi, karena usiamu yang masih sangat produktif dan uangmu juga belum terlalu banyak, sehingga resiko lebih kecil.

Biasakan untuk tidak mengharap ‘uang kaget’, baru boleh berharap usaha yang kita kerjakan membuahkan hasil yang setimpal. Kalau yang ketiga kamu memiliki rasa pelit yang satu ini jor-joran karena tujuannya mencari cuan atau keuntungan berlimpah. Ketika kita cuma mengandalkan sedikit uang buat investasi, maka imbal hasil yang didapat juga kecil begitu dengan sebaliknya. Sama halnya dengan mempersiapkan kebutuhan finansial untuk hal-hal yang gak diinginkan. Maka, kamu harus persiapkan diri dengan belajar ilmu entrepreneurship. Modal utama penunjang karirmu salah satunya dengan menguasai bahasa Jepang.

Dari mereka, kamu bisa belajar dan bertanya banyak hal untuk memotivasi diri lebih sukses di masa mendatang. Setelah goal yang jelas sudah terbentuk, kini kamu pun perlu merealisasikannya. Cara menjadi sukses tersebut salah satunya adalah dengan bekerja keras. Namun, di samping kerja keras kamu pun penting untuk menerapkan kerja cerdas. Kerja cerdas perlu kamu terapkan apapun bidangnya, baik menjadi seorang karyawan maupun sebagai seorang pengusaha.

Sebagai informasi tambahan, KlikDokter bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana untuk merilis layanan cek risiko virus corona on-line dan speedy test. “Memberi kesempatan kelompok usia forty five tahun ke bawah untuk bekerja kembali. Tapi, ini dilihat kembali konteksnya pada Permenkes No. 9 tahun 2020 pasal thirteen. Jika mereka terbukti memiliki penyakit penyerta, maka risiko mereka untuk mengalami perburukan kondisi memang lebih besar. Hidup nggak cuma untuk saat ini aja, kamu tentu perlu merencanakan tujuan-tujuan keuangan yang ingin kamu wujudkan di masa mendatang. Tentukan terlebih dahulu, apa saja sih tujuan keuangan kamu dalam jangka pendek, jangka menengah, mau pun jangka panjang?