Pentingnya Edukasi Masyarakat Tentang Vaksin Covid 19

Meski begitu tiap kebijakan tetap berbeda-beda di Kota Surakarta sendiri ibu hamil masih belum diperbolehkan untuk melakukan vaksin. Dimanapun berada alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dahulu kepada dokter sehingga kesehatan dan keselamatan ikut terjamin. Vaksinasi sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang minimal. Sebagian orang tua beranggapan jika anak di sekitar sudah mendapatkan vaksinasi, maka tidak akan menulari anaknya sendiri sehingga tidak perlu divaksinasi lagi. Penyakit tersebut dapat membahayakan anaknya sendiri dan juga menulari anak lain di sekitarnya yang belum divaksin.

Vaksinasi bertujuan untuk melindungi diri sendiri dan lingkungan sekitar sehingga nantinya tercapai herd immunity. Selain itu, vaksinasi Covid-19 ini juga mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok dalam menghadapi virus Covid-19. Hal ini disebabkan ada sebagian masyarakat yang tidak bisa divaksin karena suatu alasan tertentu. Misalnya orang yang menderita penyakit diabetes atau hipertensi yang tidak terkontrol. Di samping menjaga daya tahan tubuh, kita perlu tetap menerapkan protokol kesehatan, baik selama menunggu giliran untuk divaksin maupun setelah mendapatkan vaksin. Sebisa mungkin juga hindari bepergian ke luar rumah apabila tidak penting atau berkumpul dengan orang banyak.

Bahkan untuk para orang-orang yang sudah pernah terinfeksi virus Corona sekalipun telah terbukti, kalau vaksinasi memberikan perlindungan ekstra yang lebih baik di masa mendatang. Pasalnya kita tidak pernah akan tahu kemungkinan akan penularan yang mungkin masih bisa terjadi pada kemudian hari. Menurut mayo Clinic, tujuan vaksinasi COVID-19 salah satunya adalah untuk mencegah masuknya virus yang dapat bereplikasi dan bermutasi lebih kebal terhadap vaksin. “Jadi vaksin ini sangat penting ya, karena vaksin ini membantu untuk memperlambat penyebaran dari Covid-19 ini, terutama pada anak. Kita tahu anak tahun, mereka sangat cellular ya, mereka sering berkerumun,” ungkap dr. Lusi menegaskan. Sebanyak 26,3 persen masih mencari lokasi, sementara 15,eight persen tidak mau karena khawatir efek samping dan four,2 persen tidak percaya efektivitas vaksin.

Dan hal ini juga akan berdampak pada bagaimana memperoleh kekebalan kelompok atauherd immunityatau Virus Corona. Kekebalan kelompok tersebut diperoleh dari individu-individu yang akan mendapatkan vaksinasi nantinya. Menurutnya, negara dengan penduduk lebih kecil dr Indonesia bisa lebih mudah mendekati angka 70 persen. Mengingat jumlah vaksin terbatas maka untuk memutuskan rantai penularan virus, pemerintah daerah diharapkan dapat mendahulukan daerah yang kasus Covid-19 yang paling banyak. Seperti yang dilansir dari Alodokter, campak dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan demam, ruam, batuk, pilek, dan mata merah serta berair. Komplikasi bisa terjadi hingga menyebabkan infeksi telinga, diare, pneumonia, kerusakan otak, dan kematian.

Pentingnya vaksinasi

Selain itu, Presiden juga menyatakan akan menjadi yang pertama mendapatkan vaksin COVID-19 untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap vaksin COVID-19 Mari kita tetap disiplin 3M . Perlu kita pahami adalah virus ini mungkin tidak akan hilang sama sekali dari muka bumi. Hal tersebut dilakukan agar roda ekonomi bisa berputar dan kehidupan sosial masyarakat dapat berjalan kembali regular seperti sedia kala. Bantuan sosial bagi warga masyarakat terdampak covid 19 sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu oleh Kementerian Sosial. Upaya lain yang harus segera dilakukan adalah memberikan vaksin sebagai penangkal virus agar kehidupan dapat berjaan regular sewajarnya. Sejak beberapa waktu lalu upaya uji coba dan mendatangkan vaksin sudah dilakuikan oleh pemerintah Indonesia.

“Selain membantu mencapai herd immunity, vaksin telah terbukti sangat efektif melawan mutasi dan varian virus Corona,” kata Joseph Khabbaza, ahli paru-paru dari Cleveland Clinic. Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Guna menekan kasus yang terus bertambah, pemberian vaksin COVID-19 mulai dilakukan. Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, Anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. “Saya kira sosialisasi dan edukasi perlu untuk terus-menerus digencarkan di tengah-tengah masyarakat. Penolakan masyarakat tekait vaksinasi banyak disebabkan minimnya informasi yang diterima warga,” tuturnya. Di kesempatan itu, Wabup Subandrio mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan, sekalipun sudah menjalani vaksinasi.

Masker hanya mengurangi kemungkinan Anda untuk terpapar virus atau menyebarkan virus ke orang lain. Namun dengan vaksin, Anda dapat membentuk kekebalan tubuh Anda agar siap melawan virus saat terinfeksi. Dengan ini, maka tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan infeksi, dan pandemi dapat segera berakhir. Anda juga bisa Osfit Platinum – Suplementasi Multivitamin dan Mineral (Rp241.800) untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Walaupun demikian, tentunya tidak semua kelompok lansia ‘boleh’ menerima Vaksin Sinovac. Oleh karena itu, sebelum pemberian vaksin, hendaknya lansia melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu untuk menentukan kelayakan mereka untuk menerima vaksin.

Jika seseorang sudah di vaksinasi dan terkena suatu penyakit, maka penyakit yang dialami akan lebih ringan dibandingan jika orang tersebut belum di vaksinasi. Dukungan semua pihak diperlukan karena pemerintah telah memprioritaskan kelompok lansia dalam penanganan Covid-19. Kandungan omega-3 membantu meningkatkan kelancaran aliran darah di otak, sehingga mengatasi gejala depresi dan kecemasan. Farmasi sedang berlomba mengembangkan pengobatan virus corona yang dapat diterima sebagai pil segera setelah dikonfirmasi positif. Ditegaskan vaksinasi merupakan cara yang aman dan hemat untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa. GlaxoSmithKline sebagai perusahaan perawatan kesehatan world dengan teknologi sains terdepan senantiasa berupaya untuk membantu masyarakat berbuat lebih banyak, merasa lebih baik, dan hidup lebih lama.

Seperti vaksin pada umumnya, vaksin Covid-19 juga berpotensi memberikan efek samping bagi penerimanya. Efek samping tersebut sangatlah wajar dialami setelah menerima vaksin karena hal ini menjadi pertanda bahwa vaksin sedang bekerja dan tubuh sedang membangun antibodi untuk melawan virus yang kemungkinan akan masuk dan menginfeksi tubuh di kemudian hari. Efek samping ini biasanya berlangsung selama 3 hari saja dan akan hilang dengan sendirinya. Walaupun demikian, sejauh ini proses vaksinasi merupakan prosedur yang paling aman untuk dijalani dalam memutus penularan Covid-19. Sejak masuknya Covid-19 di Indonesia, sayangnya banyak masyarakat yang masih belum percaya dan setuju akan anjuran pemerintah dalam melakukan vaksinasi Covid-19.