Peran Visi Bagi Kelanggengan Bisnis Keluarga

Kalian harus mempunyai dan menentukan target dari usaha yang kalian rintis. Hal ini untuk mencegah terjadinya perpecahan dan sebagai bukti profesionalitas kalian terhadap usaha yang tengah dibangun. Jangan ada yang menanggung tugas yang sama karena akan menimbulkan bentrok. Meski mungkin jalan Anda akan lebih berliku, menjalani bisnis dengan jujur akan jauh lebih baik.

Dan hal ini cukup umum menjadi penyebab dari konflik dalam bisnis keluarga, khususnya berkaitan dengan kompensasi. Apalagi bila sang pemilik bisnis tidak membuat kejelasan besaran porsi saham anak yang satu dengan anak yang lain. Dibutuhkan kepemimpinan yang kuat dalam bisnis keluarga Deposit Emoney agar pengambilan keputusan strategis tidak lama dan rumit. Posisi kepemimpinan itu biasanya diwariskan dari generasi ke generasi, sehingga pemberi warisan perlu menempatkan orang tepat untuk posisi tepat. Seringkali dalam membangun usaha keluarga perjanjian kerja sering diabaikan.

Bisnis dengan keluarga

Susilo menggerakkan Djarum dengan kesadaran bahwa industri rokok sering diserang, karenanya perlu menggiatkan bisnis di bidang lain. Pendekatan bisnis trendy juga dilakukan oleh Halim ketika pada 1990 Gudang Garam menjadi perusahaan terbuka dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Pada tahun 2004, majalah Forbes menobatkan Halim sebagai orang terkaya keempat di Asia Tenggara. Bagaimanapun dicerca dan diserang, industri rokok di Indonesia masihlah industri raksasa yang bisa mempekerjakan banyak orang sekaligus menghasilkan pundi uang yang amat besar. Dalam daftar 5 keluarga terkaya Indonesia yang dirilis Forbes pada 2015 silam, ada setidaknya dua keluarga terkaya yang berasal dari industri rokok.

Melatih penerus bisnis bisa dimulai dari memberikannya tanggung jawab perusahaan sedikit demi sedikit, sehingga penerus tersebut akan terus belajar dunia bisnis yang sedang Anda jalankan. Apabila waktu regenerasi tepat, penerus Anda akan memahami apa saja yang harus dikerjakan untuk menjalankan perusahaan. Nah kadang yang jadi masalah dalam bisnis keluarga adalah menyatukan urusan pribadi / keluarga dalam bisnis. Padahal ini berbeda dan tidak baik jika ada campur tangan urusan keluarga dalam bisnis. “Itu tercermin dengan menjalankan bisnis keluarga harus berdasarkan bakti, yang senior itu yang didengarkan,” kata Agni. Mereka harus memutar otak demi menyelamatkan usaha di tengah anjloknya perekonomian akibat pandemi Covid-19.

Karena dengan perjanjian kerja ini sebagai ikatan komitmen anggota keluarga dalam berbisnis. Dari perjanjian ini juga akan mengetahui syarat dan kompensasi yang nantinya ia dapatkan. Tapi jika tidak dikelola secara profesional, bukan hanya berakibat buruk terhadap bisnis tapi juga berimbas terhadap putusnya hubungan sesama anggota keluarga. Lelaki kelahiran India ini merupakan pemilik bisnis keluarga terkaya selanjutnya melalui bisnisnya Indorama Corporation, yakni perusahaan petrokimia dan tekstil, dengan kekayaan sebesar $5 miliar. Dia dan ayahnya mendirikan Indorama sebagai perusahaan pembuat benang pintal pada tahun 1976 yang berkembang juga menjadi pembangkit tenaga listrik petrokimia, Indorama Ventures. Gudang Garam juga mempunyai usaha jasa, seperti hotel melalui saham di PT Surya Raya Indah yang mengoperasikan hotel Grand Surya dan Hotel Merdeka di Kediri.