Robot NASA Mendarat di Mars, Langsung Kirim Foto Pertama

Robot Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bernama Perseverance telah sukses mendarat di Mars sambil membawa Ingenuity, sebuah helikopter yang didesain khusus untuk menjelajah di planet merah itu.
DW menjelaskan untuk sampai bisa mendarat di Mars robot itu mulai turun dengan kecepatan 20 ribu km per jam dari angkasa. Parasut dan berbagai mekanisme pendaratan membuat kecepatan berkurang hingga 3 km per jam kemudian enam ban yang dimilikinya bisa menyentuh permukaan.

Perseverance mendarat di Kawah Jezero, di utara ekuator Mars, di wilayah yang disebut Isidis Planitia. Wilayah ini target favorit misi NASA, termasuk robot Curiosity yang masih aktif sampai sekarang.

Namun posisi Curiosity kini telah menjauh 3.700 km di sekitar Kawah Gale Berita dan Informasi Tekno dan Gadget .

Perseverance adalah robot terbesar NASA, misinya mencari air dan tanda-tanda kehidupan di bawah permukaan planet. Tugas lain robot ini yakni mengumpulkan sampel batu dan tanah, menempatkannya dalam penyimpanan khusus, yang direncanakan diambil misi gabungan AS dan Eropa, kemudian dibawa ke Bumi dalam jangka waktu 10 tahun.

CNN melaporkan Perseverance telah mengirim gambar pertama ke Bumi setelah melakukan pendaratan. Gambar itu adalah permukaan Mars seperti diperlihatkan di akun Twitter resmi Perseverance.

Ingenuity adalah alat eksperimental NASA berupa helikopter untuk mempelajari tentang benda yang terbang serta mendarat vertikal di atmosfer Mars. Hal ini bisa jadi informasi penting lantaran atmosfer di Mars jauh lebih tipis dibanding Bumi, dan bisa mempengaruhi penerbangan.

Helikopter yang mengudara di Mars bakal menjadi uji penerbangan di luar Bumi yang pertama kali dilakukan. Keberhasilan misi ini kemungkinan bakal menjadi masa depan baru buat misi selanjutnya.

3 misi Mars
Ada tiga misi ke Mars yang meluncur pada Juli 2020, selain NASA ada pula misi Uni Emirat Arab (UEA) dan China. Misi UEA dan China sebenarnya hanya fokus mengorbit di Mars, namun misi China, Tianwen-1, akan juga mendaratkan robot di permukaan pada akhir tahun ini.

Baca Juga : Memahami Game Browser

Misi UEA melibatkan satelit bernama Hope, ini merupakan yang pertama tiba di sekitar Mars saat mengorbit mulai 9 Februari. Hope dijadwalkan mengitari Mars selama dua tahun dengan menjajal berbagai ketinggian untuk mengambil data buat komunitas sains global.

Sehari setelah Hope, Tianwen-1, mengorbit di Mars dengan misi serupa Hope. Dalam tiga bulan misi ini diperkirakan sudah bisa mengutus robot pertama China mendarat di Mars untuk mengikuti Perseverance mencari air dan tanda-tanda kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *