Sekilas Security Computer

Security Computer adalah cabang teknologi yang dikenal sebagai keamanan informasi seperti yang diterapkan pada komputer. Keamanan informasi berarti melindungi informasi dan sistem informasi dari akses, penggunaan, pengungkapan, gangguan, modifikasi, atau penghancuran yang tidak sah. Tujuan Security Computer berbeda-beda dan dapat mencakup perlindungan informasi dari pencurian atau korupsi, atau pelestarian ketersediaan, seperti yang didefinisikan dalam kebijakan keamanan.

Prosedur teknologi dan manajerial diterapkan pada sistem komputer untuk memastikan ketersediaan, integritas, dan kerahasiaan informasi yang dikelola oleh sistem komputer

Security Computer memberlakukan persyaratan pada komputer yang berbeda dari kebanyakan persyaratan sistem karena seringkali berupa batasan pada apa yang tidak seharusnya dilakukan oleh komputer.

Baca tips teknologi terbaru lainnya di SudutPC.com

Pendekatan umum untuk meningkatkan Security Computer dapat mencakup berikut ini:

o Secara fisik membatasi akses ke komputer hanya untuk mereka yang tidak akan membahayakan keamanan.
o Mekanisme perangkat keras yang memberlakukan aturan pada program komputer, sehingga menghindari bergantung pada program komputer untuk Security Computer.
o Mekanisme sistem operasi yang memberlakukan aturan pada program untuk menghindari mempercayai program komputer.
o Strategi pemrograman untuk membuat program komputer dapat diandalkan dan menolak subversi.

Security Computer memiliki tiga Lapisan:

o Hacking
o Cracking
o Phreaking

Peretasan:

Penggunaan yang tidak sah atau upaya untuk menghindari atau melewati mekanisme keamanan sistem informasi atau jaringan.

Peretasan komputer selalu melibatkan beberapa tingkat pelanggaran pada privasi orang lain atau kerusakan properti berbasis komputer seperti file, halaman web, atau perangkat lunak. Dampak peretasan komputer bervariasi dari sekadar invasif dan mengganggu hingga ilegal.

Cracking:

Tindakan membobol sistem komputer.
Software Cracking adalah modifikasi perangkat lunak untuk menghapus metode perlindungan: pencegahan penggandaan, versi percobaan / demo, nomor seri, kunci perangkat keras, pemeriksaan CD atau gangguan perangkat lunak seperti layar cerewet dan adware.

Retakan perangkat lunak yang paling umum adalah modifikasi biner aplikasi untuk menyebabkan atau mencegah cabang kunci tertentu dalam eksekusi program.

Phreaking:

Seni dan ilmu memecahkan jaringan telepon.

Keamanan berdasarkan desain:

Teknologi Security Computer didasarkan pada logika. Tidak ada pengertian standar universal tentang apa itu perilaku aman. “Keamanan” adalah konsep yang unik untuk setiap situasi. Keamanan tidak berhubungan dengan fungsi aplikasi komputer, bukan tambahannya, sehingga keamanan perlu memberlakukan pembatasan pada perilaku aplikasi.

Ada beberapa pendekatan keamanan dalam komputasi; terkadang kombinasi pendekatan valid:

1. Percayai semua perangkat lunak untuk mematuhi kebijakan keamanan tetapi perangkat lunak tersebut tidak dapat dipercaya (ini adalah ketidakamanan komputer).

2. Percayai semua perangkat lunak untuk mematuhi kebijakan keamanan dan perangkat lunak divalidasi sebagai dapat dipercaya (dengan analisis cabang dan jalur yang membosankan misalnya).

3. Jangan percaya perangkat lunak tetapi tegakkan kebijakan keamanan dengan mekanisme yang tidak dapat dipercaya (sekali lagi ini adalah ketidakamanan komputer).

4. Jangan percaya perangkat lunak tetapi tegakkan kebijakan keamanan dengan mekanisme yang dapat dipercaya.

12 tips untuk Security Computer:

1. Perbarui / tambal SEMUA perangkat lunak Anda sesekali!

2. Periksa / sesuaikan SEMUA pengaturan Anda sehingga aman, karena ARENT secara default!

3. Gunakan firewall, seperti ZoneAlarm untuk mengontrol apa yang masuk dan keluar dari komputer Anda!

4. Gunakan kata sandi yang baik: setidaknya 13 tanda, berisi huruf dan angka. Ingatlah untuk mengubah kata sandi Anda setidaknya setiap beberapa bulan dan jangan pernah menggunakan kata sandi yang sama di dua tempat!

5. Dapatkan program antivirus yang bagus: NOD32, F-Secure atau Norton Antivirus dan selalu perbarui!

6. Jangan membuka atau mengeksekusi file yang Anda tidak yakin 100% benar-benar aman di mana pun atau bagaimana Anda mendapatkannya.

7. Hapus file riwayat Anda (seperti cookie, riwayat internet dan file sementara, dll.), Log dan file pribadi, dengan program penghapusan tertentu (seperti Penghapus), bukan hanya menghapusnya.

8. Gunakan enkripsi untuk meningkatkan privasi Anda! Gunakan email terenkripsi (seperti Hushmail atau Ziplip), jelajah www, dan enkripsi file sensitif di komputer Anda (PGP).

9. Ketika Anda selesai menggunakan beberapa layanan berbasis internet seperti email, keluarlah dari sana daripada hanya menutup browser Anda! Selain itu, saat Anda meninggalkan komputer, pastikan tidak ada program atau koneksi yang dibiarkan terbuka yang dapat disalahgunakan oleh seseorang. Di WindowsNT / 2k / XP, tekan tombol Windows + L untuk mengunci workstation.

10. Jangan menggunakan komputer umum untuk apa pun yang Anda perlukan untuk mengetik login Anda, biasanya komputer tersebut memiliki kuda Troya yang menangkap kata sandi Anda.

11. Buat backup dan simpan di tempat yang aman! Cara termudah untuk melakukan pencadangan total adalah dengan membuat “Gambar” dari harddisk atau partisi Anda dan menyimpannya di lokasi yang aman, tetapi disket biasanya baik-baik saja untuk menyimpan dokumen, dll.

12. Instal dan Gunakan Firewal Hardware

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *